Izarc (OpenSource) Tak Kalah dengan WinRar dan WinZip!


Postingan kali ini akan membahas IZArc, yaitu salah satu jenis program pengolah file. Secara sederhana program  seperti ini biasa digunakan untuk mengkompresi file biar ukurannya bisa lebih kecil. Saat berbicara tentang Program seperti ini kebanyakan yang terlintas adalah WinRar dan WinZip, Benar?Memang produk itu memang bagus tapi sayangnya kalian harus membayar untuk bisa menggunakannya. Tapi tenang, IZArc memberikan solusinya. IZArc merupakan software opensource yang artinya program ini gratis tanpa lisensi. Walaupun gratis tapi program ini tidak bisa diremehkan. Terbukti dari berbagai review tentang program ini yang memang bisa diandalkan untuk menggantikan WinRar atau WinZip yang bajakan.hhehe

Lihat saja jenis-jenis file yang didukungya, 7-ZIP, A, ACE, ARC, ARJ, B64, BH,  BIN, BZ2, BZA, C2D, CAB, CDI, CPIO, DEB, ENC, GCA, GZ, GZA, HA, IMG, ISO, JAR, LHA, LIB, LZH, MDF, MBF,  MIM, NRG, PAK, PDI, PK3, RAR, RPM, TAR, TAZ, TBZ, TGZ, TZ, UUE, WAR, XXE, YZ1, Z, ZIP, dan ZOO. tak hanya jenis file dari windows yang didukung bahkan jenis file linux seperti .rpm, .tar.gz, .bz2 juga didukung, padahal IZArc merupakan peranti lunak yang berjalan di atas Windows. IZArc juga mendukung file CD Image seperti ISO, BIN, CDI dan NRG. 
Dengan begitu banyaknya format yang didukung, IZArc mungkin saja kan “bertabrakan” dengan software lain dalam mengelola salah satu format file terkompresi? Nah untungnya IZArc menyediakan fitur untuk mengatur ekstensi file apa saja yang akan terasosiasi dengannya. Meski banyak format yang didukung, secara default IZArc akan menggunakan ekstensi .zip saat melakukan kompresi file.
Di dalam antarmuka IZArc, aneka file terkompresi disusun dalam bentuk directory tree sesuai dengan keadaan aslinya. ini sangat memudahkan user untuk memilih file mana yang akan di extract bila tidak semua file ingin diextract.
Kompresi dengan IZArc juga mudah, karena sudah terintegrasi dengan windows explorer. Tinggal pilih saja file-file yang akan dikompressi lalu klik kanan dan menu izarc sudah akan muncul.
kalau cuma mau kompressi satu file pilih saja add to namafile.zip. Kalau ingin mengkompressi beberapa file jadi satu pilih add to archive file lalu akan muncul window seperti disamping dan perlu beberapa setting/penyesuaian. Yang pertama jelas nama file penyimpan file/folder terkompresi. Jika file tersebut sebelumnya tidak ada, file tersebut akan dibuat. Bila file tersebut sudah ada, file/ folder terseleksi akan ditambahkan ke dalam file terkompresi tersebut. Hal lain yang perlu diatur adalah format, aksi, jenis, dan metoda kompresi, dan bila perlu tambahkan password ke dalam file hasil kompresi jadi bisa lebih aman file kita.
Tak cuma berfungsi pada kompressi file saja kawan, ternyata IZArc ini juga dilengkapi fitur yang bisa mendeteksi apakah file terkompressi/archive rusak atau tidak tanpa perlu diextract terlebih dahulu. Nah IZArc juga mempunyai fitur yang dapat mencoba memperbaiki file terkompressi/archive yang rusak tersebut.
IZArc juga bisa bekerja sama dengan anti virus yang terinstall pada sistem sebagai antisipasi adanya virus pada file terkompresi/archive. Dan Izarc ini 100% bebas virus baik spyware atau adware, jadi aman buat diinstall.
Buat kalian yang ingin coba bisa download di sini :
Nah sekian dulu posting kali ini. Walaupun IZArc adalah opensource namun tak bisa diremehkan dengan segala kelebihan dan keurangannya. Dan pantas dicoba untuk menggantikan WinRar atau WinZip bajakan kalian.hhihi jadi semoga bermanfaat yah ^_^

0 komentar:

Post a Comment